Branding, Business Tips, Entrepreneurship, Graphic Design, Inspiration, Integrated Marketing Communication, Management
Ferrari World, Abu Dhabi

image
Saya agak kurang suka dengan Brand Ferrari. Subjektif aja. Banget. Saya nggak suka warna kuning dan merah yang ada di logonya. Sehingga bener-bener ngrubah persepsi brand secara keseluruhan ya. Just Color. Tidak semuanya saya nggak sukak.
Tapi beberapa waktu lalu ketika di Dubai (13 Nov 2017), bersama compatriot saya kangmas Arief Fatoni dan akang Iqbal Faiz menyempatkan diri melihat wahana paling terkenal di Abu Dhabi.
Ferrari World!. Sebuah Brand Experience yang disuguhkan untuk para penggemar F1 dan berbagai jenis macam jenis mobil cepat besutan Itali ini. Sangat beralasan kalau Ferrari merasa penting untuk membangun wahana megah yang luas dan mewah. Karena brand ini membutuhkan sustainable consumer. Dari hulu sampai hilir ingin memperhatikan para fansnya.
Oke! tidak semua bisa membeli mobil Ferrari. Selain harga, kelas premium yang dibidik Ferrari tentu hanya segelintir orang saja. Tapi semua orang bisa membeli merchandisenya kan? Atau bisa nonton wahana bermainnya kan? Naaah ini yang menarik. Mari kita bahas sedikit.
Merchandise di Ferrari saya lihat semuanya bikinan Puma. Mengapa Puma ya? Tentu Ferrari punya alasan cukup untuk mengajak kerjasama. Tentu yang kita kenal, Puma adalah brand yang dikenal sebagai pembuat apparel olahraga yang berkualitas. Inilah yang disebut sebagai Brand Colaboration atau Co-Branding. Ferrari sebetulnya sangat bisa untuk memproduksinya sendiri. Malah bisa mendapatkan harga termurah. Namun bukan itu pilihannya. Ferrari memikirkan proyeksi jangka panjang. Dimana konsumennya di seluruh dunia tentu akan lebih bangga karena merchandise yang dibeli dengan brand Ferrari adalah buatan Puma. Raih Visi jangka panjang dengan menekan “ego” bisnis jangka pendek. Itu pelajarannya.
Bagaimana? Mau mencoba?
Selamat berkolaborasi. Cari brand yang sekufu.
#hariinibelajarapa
#branding
#cobranding
#brandcollabz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>