Inspiration, Uncategorized
Ingin menjadi pengusaha sukses dunia & akherat itu mudah? Hmmm…. #02

entrepreneur2

Saya akan melanjutkan tulisan sebelumnya yang bertema menggapai kebahagiaan hakiki seorang pengusaha muslim dengan judul “Ingin menjadi pengusaha sukses dunia akherat itu mudah? Hmmm…. “ terima kasih buat temen-temen yang sudah kasih komen rame di FB maupun dimedia lainnya….

Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar banyak sekali cerita orang-orang sukses, penisnis hebat, disegani oleh pengusaha lainnya serta masyarakat sekitar. Dianggap mampu memberikan manfaat begitu banyak untuk masyarakat  karena kedermawanannya, jago bisnis yang relasinya nasional bahkan internasional. Memiliki asset yang nggak tanggung-tanggung… trilyunan rupiah. Kantor dan rumahnya mewah. Kalau liburan pasti keluar negeri, paling dekat ke pulau Bali. Karyawannya begitu banyak dan segan kepadanya, namun…. Riswah (suap) itu hal yang biasa dilakukan… riba itu adalah makanan sehari-hari. Cicilan pokok dan bunganya mencapai 10 milyar dan itulah kehidupan pengusaha tersebut. Apa pendapat Anda?

Untuk menilai seseorang telah mencapai kebahagiaan yang hakiki, tidak bisa dilihat dari selesainya urusan keluarga dengan bukti bahwa anggota keluarganya semuanya senang karena tercukupi kebutuhan hidupnya. Seluruh karyawannya senang karena bonusnya selalu naik tiap akhir tahun. Rumahnya besar, dihiasi dengan mobil-mobil yang berjejer layaknya showroom. Seperti Sultan Hasanal Bolqiah, sultan Brunei yang menjadi salah satu orang terkaya didunia. Kekayaannya meningkat sebesar 90 euro (sekitar Rp 1 juta lebih) setiap detiknya. Permenit berarti meningkat Rp. 60 juta lebih atau Rp. 3,6 miliar lebih perjam, atau Rp. 60,48 miliar lebih perminggu. Sultan hidup mewah dan kekayaannya berlimpah ruah. Seluruh perlengkapan rumahnya terbuat dari emas. Menurut penuturan majalah mobil “Autocar” Sultan memiliki 5.000 mobil berbagai merk diantaranya Roll-Royce, Bentley, Mercedes-Benze, Ferrari, Lamborghini, dll. Memiliki 1 pesawat pribadi besar Boeing 747, 6 pesawat kecil, dan 2 helikopter. Baru-baru ini menikahkan puterinya, pestanya berlangsung selama 14 hari, menghabiskan biaya 5 juta dollar atau sekitar Rp. 46 miliar lebih.

Pertanyaannya apakah menjadi orang terkaya itu bahagia? Kalau tampak di fotonya (yang saya lihat) tidak sedikitpun Nampak bahagia… wajahnya muram seperti kurang sehat… hehehe… apa karena memikirkan kekayaannya yang terlalu banyak, apakah memikirkan istri-istrinya yang saling cemburu? Hehehe…. Saya nggak tahu. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan BBM dari seorang teman, dia ngasih Tips pengusaha agar hidup bahagia. Berikut salinannya: 1. Sedekahlah setiap hari. 2. Sholat Dhuha minimal 6 rakaat setiap hari. 3. Sholat Tahajjud tiap malam. 4. Menjaga Sillaturahim. 5. Menyelaraskan doa kita dengan doa orang tua dan orang-orang terdekat. 6. Berbaik sangka kepada siapapun. Apalagi kepada Allah. 7. Bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. 8. Menikah. 9. Ikhtiar, berusaha dengan sebaik kemampuan. 10. Istighfar. 11. Jangan melalaikan yang Wajib. Dari 11 point diatas tampaknya kurang lengkap apabila tidak disampaikan contohnya yang wajib itu apa. Pengusaha biasanya selalu terbentur kepada kebutuhan modal… yang notabene berasal dari riba, keluarnya dari bank yang menggunakan praktik ribawi. Padahal didalam hadist secara tegas disampaikan

Riba itu memiliki 73 pintu. Yang paling ringan (dosanya) adalah seperti seseorang yang mengawini ibunya. (HR al-Hakim dan al-Baihaqi).

Itulah ancamannya… dosa paling ringan dari 73 pintu itu adalah menzinai ibunya sendiri… naudzubillah… sehingga kalau boleh ditambahkan untuk point ke 12. Tidak dekat-dekat dengan riba. 13. Jauhkan Suap/ Riswah dalam bisnis kita. 14. Berupaya keras untuk selalu ikut berperan dalam perjuangan menegakkan Al Qur’an wasSunah dalam setiap sendi kehidupan.

Insya Allah, tatkala kita tidak memikirkan diri kita sendiri tetapi hidup kita untuk umat… Insya Allah, Allah sendirilah yang meneguhkan posisi kita tidak hanya didunia tetapi di akherat… Intansurullaahu yansurkum wayutsabbit a’daamakum.

Wallahua’lambishowab

2 Responses to Ingin menjadi pengusaha sukses dunia & akherat itu mudah? Hmmm…. #02

  1. Pingback: buy coq10

  2. Pingback: philips sonicare kids zahnbürste for kids

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>